Karakteristik mungkin
bisa diartikan sebagai suatu sifat yang khas, yang melekat pada suatu objek. Sedangkan
karakter adalah sifat yang dijadiin ciri untuk mengidentifikasikan sebuah objek.
Wiseman
(1981) mengemukakan bahwa ilmu kimia merupakan salah satu pelajaran tersulit
bagi kebanyakan siswa menengah. Kesulitan mempelajari ilmu kimia ini terkait
dengan ciri-ciri ilmu kimia itu sendiri yang disebutkan oleh Kean dan
Middlecamp (1985) sebagai berikut:
1. Ilmu kimia bersifat abstrak
Atom,
molekul, dan ion merupakan materi dasar kimia yang tidak nampak, yang menurut
siswa membayangkan keberadaan materi tersebut tanpa mengalaminya secara
langsung. Karena atom merupakan pusat kegiatan kimia, maka walaupun kita tidak
dapat melihat atom secara langsung, tetapi dalam angan-angan kita dapat
membentuk suatu gambar untuk mewakili sebuah atom oksigen kita gambarkan secara
bulatan.
2. Ilmu kimia merupakan penyederhanaan
dari yang sebenarnya
Kebanyakan
obyek yang ada di dunia ini merupakan campuran zat-zat kimia yang kompleks dan
rumit. Agar segala sesuatunya mudah dipelajari, maka pelajaran kimia dimulai
dari gambaran yang disederhanakan, di mana zat-zat dianggap murni atau hanya
mengandung dua atau tiga zat saja. Dalam penyederhanaanya diperlukan pemikiran
dan pendekatan tertentu agar siswa tidak mengalami salah konsep dalam menerima
materi yang diajarkan tersebut.
3. Sifat ilmu kimia berurutan dan
berkembang dengan cepat
Seringkali
topik-topik kimia harus dipelajari dengan urutan tertentu. Misalnya, kita tidak
dapat menggabungkan atom-atom untuk membentuk molekul, jika atom dan
karakteristiknya tidak dipelajari terlebih dahulu. Disamping itu, perkembangan
ilmu kimia sangat cepat, seperti pada bidang biokimia yang menyelidiki tentang
rekayasa genetika, kloning, dan sebagainya. Hal ini menuntut kita semua untuk
lebih cepat tanggap dan selektif dalam menerima semua kunjungan tersebut.
4. Ilmu kimia tidak hanya sekedar memecahkan
soal-soal
Memecahkan soal-soal yang terdiri dari angka-angka (soal
numerik) merupakan bagian yang penting dalam mempelajari kimia. Namun, kita
juga harus mempelajari deskripsi seperti fakta-fakta kimia, aturan-aturan
kimia, peristilahan kimia, dan lain-lain.
5.
Bahan/materi yang dipelajari dalam ilmu kimia sangat banyak
Dengan banyaknya bahan yang harus dipelajari, siswa dituntut
untuk dapat merencanakan belajarnya dengan baik, sehingga waktu yang tersedia
dapat digunakan seefisien mungkin.
Arifin
(1995) mengemukakan bahwa ilmu kimia merupakan salah satu pelajaran tersulit
bagi kebanyakan siswa menengah, sehingga jarang diminati. Hal ini disebabkan
:1). Dalam pelajaran kimia terdapat istilah-istilah yang hanya dihafal siswa
tetapi tidak dipahami dengan benar ; 2). Kebanyakan konsep-konsep atau materi
kimia bersifat abstrak seperti atom, molekul atau ion sehingga siswa sulit
membayangkan keberadaan materi tersebut tanpa mengalaminya secara langsung ;
3). Kesulitan siswa dalam memahami perhitungan matematis materi kimia.
0 komentar:
Posting Komentar